Jumat, 18 Januari 2013

Strategi Keuangan sukses dengan Income Pentagon


                                                            Income Pentagon


                                                              Diagram Pentagon
 
Sering saya ditanya oleh teman-teman, apa sih Income Pentagon? Apa hubungannya dengan Amerika dan Israel? Saya katakan bahwa ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan kedua negara tersebut, baik secara nama maupun ideologi. Income Pentagon adalah murni formula yang diciptakan anak bangsa Indonesia untuk Indonesia. Kecerdasan Finansial yang dibangun pada level keluarga sehingga setiap orang Indonesia menjadi mandiri secara ekonomi dan tidak terlalu menggantungkan nasibnya pada  bangsa lain.

Income Pentagon adalah sebuah strategi kolaborasi antara bisnis dan investasi yang fokus pada penciptaan arus kas. Konsep ini muncul di tengah ephoria kewirausahaan di Indonesia yang ternyata tidak diikuti oleh peningkatan kecerdasan finansial para entrepreneur Indonesia. Akhirnya banyak entrepeneur di Indonesia yang sibuk wara-wiri dengan bisnisnya namun tidak melakukan asset management yang tepat sehingga arus kas yang diperoleh dari bisnisnya habis begitu saja. 


Atau, ada yang menganggap bahwa, “Investasi adalah urusan orang-orang pintar saja sehingga terlalu tinggi buat saya”, atau “Investasi nanti-nanti saja deh, saya mengembangkan bisnis dulu.”

Padahal, kalau kita mau jujur, bisa jadi arus kas yang muncul dari investasi bisa lebih besar dari bisnis kita sendiri. Dan ini sah-sah saja akibat pengetahuan dan kecerdasan finansial yang kita miliki.

Kembali ke Income Pentagon, karena ini sifatnya adalah strategi kolaborasi maka tentu saja pihak yang terlibat lebih  dari satu. Siapa saja pihak yang terlibat bisa dilihat gambar di atas.

Mulai hari ini saya akan kirimkan tulisan berseri tentang pihak-pihak yang terlibat dalam Income Pentagon.

Dalam Income Pentagon, strategi kolaborasi ini melibatkan satu anchor bisnis dan empat anchor investasi dan kesemuanya berfokus pada  penciptaan arus kas.  Anchor utamanya adalah Sedekah. Kelima Anchor itu adalah Bisnis, Waralaba, Emas (LM), Properti, dan Investasi Sektor Keuangan. 


Dengan mengerjakan kelima anchor itu secara konsisten akan menciptakan Income Pentagon yang bisa dirasakan dalam waktu yang tidak terlalu lama, walau itu tidak berarti sesuatu yang instant.

Yang menjadi kekuatan dari Income Pentagon bukan banyak atau sedikitnya jumlah uang yang Anda miliki, tetapi yang jauh lebih penting adalah pengetahuan Anda tentang uang itu sendiri. Banyak orang yang menerima uang dalam jumlah besar namun uang tersebut habis tidak tentu rimbanya akibat rendahnya kecerdasan finansial orang tersebut.

Income Pentagon banyak bicara tentang kecerdasan finansial sekaligus ACTION oriented. Income Pentagon tanpa ACTION hanya akan menjadi wacana yang tidak akan mengubah apapun dari hidup kita.

ACTION melalui Income Pentagon bisa memberikan dimensi baru dalam berbisnis dan berinvestasi bagi kita. Selamat berbisnis dan berinvestasi. Sukses selalu...Luar Biasa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar